IBN Tegal Usai Mengadakan Kuliah Perdana dengan Antusisas Mahasiswa Baru

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

LPM Tanpa Titik - 
Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal telah mengadakan kuliah Perdana untuk mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 dengan tema "Studi Interdisipliner Dalam Pendidikan Islam Beragama"

Acara ini bertempat di Kampus IBN Tegal dengan menggunakan sistem online-offline. Dengan membagi  beberapa mahasiswa agar tempat yang tersedia tidak berlebihan. Ada tiga tempat yang digunakan dalam Kuliah perdana yaitu gedung Aula IBN, dan yang lainya berada pada dua ruang FITK . 

Dikarenakan tempat yang kurang memadai,  akhirnya dari panitia menyediakan di lain tempat agar seluruh tamu undangan dan mahasiswa baru IBN Tegal,  dengan jumlah lebih 300 dapat mengikuti Kuliah Perdana dengan kondusif. 

Dari acara tersebut yang di moderatori oleh Ghufron, Lc, LMM  mengatakan bahwa tema yang diambil pada kuliah perdana kali ini adalah " Studi Interdisipliner Dalam Pendidikan Islam Beragama"

Dalam penyampaian materi Dr. Saepudin, MA mengungkapkan " kuliah perdana ini bertujuan agar seluruh mahasiswa baru mengetahui tentang orientasi keilmuan yang ada di Kampus IBN Tegal, dengan membuka wawasan mahasiswa baru tentang adanya hubungan antara keilmuan dengan hal lainnya. Sehingga, cara pandang mahasiswa lebih luas "  Ujarnya.

Beliau juga berharap kepada mahasiswa baru, agar selalu memposisikan diri sebagai mahasiswa. Yang mana dalam sisi akademik mampu impulsif membuka diri dengan ilmu yang didapat di kampus ini, sehingga lebih banyak dan aktif membuka cara pandang dan berfikir sebagai seorang ilmuan.

Sahrizal Mahasiswa baru memberi tanggapan bahwa "Mengenai kuliah perdana ini sangat baik di adakan nya karna Mahasiswa baru butuh bimbingan atau arahan untuk mengetahui lebih dalam kampus tercinta ini."

Iya juga menambahkan mengenai apa yang ia saksikan selama materi berlangsung "adapun tujuan utama di adakan nya kuliah perdana yaitu menyebarkan pengetahuan, temuan terbaru dan informasi terkini tentang kampus ini. 

Adapun pesan penting yang didapat dari kuliah perdana ini yaitu Islam secara terminologi memiliki makna bukan hanya sebatas dua kalimat syahadat. Akan tetapi, juga mendalami makna serta hakikatnya Islam juga bukan sekedar pembenaran dalam hati terkait tuhan hal hal goib  akan tetapi juga harus di sertai dengan amalan nyata" 

Ia juga menambahkan "kurang luas nya aula sehingga sebagian dari mahasiswa harus di kelas menyaksikan arahan dengan proyektor" ujarnya.

Sahida Safitri Mahasiswa Baru menambahkan "Kuliah perdana ini bertujuan agar mahasiswa lebih mengetahui mengenai  perkuliahan dan hal yang ada di IBN"

Ia juga menambahkan "Fasilitas yang tersedia memang belum memenuhi kenyamanan mahasiswa baru. Namun, semua berbalik kepada pribadi masing-masing, karena mereka tetap bisa mengikuti dan mendengarkan dengan syarat fokus pada materi yang sedang disampaikan" 

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

"Namun amat disayangkan karena kuliah perdana ini dilaksanakan pada 2 ruangan terpisah karena ruangan yang telah disediakan tidak memadai, sehingga sebagian mahasiswa lain hanya bisa mengikuti kegiatan kuliah perdana ini melalui streaming" Ujarnya.


Penulis : Tim Redaksi


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama